Trik Bermain Game Berat Dengan Setting Intel HD 3000/4000

on Sunday, 24 March 2013

Posting kali ini berawal dari kekesalan ane pas ane mau main game PES (Pro Evolution Soccer), setiap kali ane mau main pasti sering ngelag tuh gambarnya padahal yang ane pake cuma PES 6 (2006) yang relatif ringan. Laptop yang ane gunakan Toshiba Satellite C655, dengan layar 15,6 inchi, RAM 4GB, dan VGA Intel Graphics HD 3000. Setelah ane browsing ternyata memang VGA laptop ane tidak support sama tuh game, ane coba game yang lebih besar malah enak. Tapi kalau agan-agan ingin mengoptimalkan penggunaan Intel Graphics HD 3000/4000 dari laptop agan sekalian, agan bisa pake nih beberapa cara. Oke langsung saja ya gan.
1. Pastikan kalau driver VGA sudah yang paling update. Untuk updatenya bisa agan lakukan dengan Masuk ke Control Panel –-> Device Managerkemudian expand pilihan Display Adapters dan klik kanan pada Intel(R) HD Graphics Family dan pilih Update Driver Software
device manager
update

Kalau muncul tulisan “Windows has determined the driver software for your device is up to date” berarti driver yang agan pakai sudah yang paling update.
2. Dengan memakai software VGA accelerator, software ini berbeda dengan software yang bernama Game Booster kalau Game Booster ini merupakan sebuah software yang memaksa VGA dan RAM untuk bekerja lebih kuat sampai di atas rata-rata penggunaan yang diharuskan agar bisa mengimbangi grafis yang tampil. Kalau VGA Accelerator ini hanya memberikan VGA sebuah pengoptimalan sehingga VGA dapat bekerja sampai di titik puncaknya dan tidak akan bisa lebih dari itu. Software yang paling ringan digunakan adalah Intel Display Adapter Management Tool, software ini sangat ringan dan portable, ukurannya saja tidak sampai 1MB. Langsung lihat saja penampakannya.
intel display adapter
Cara penggunaan:
-Yang jelas yang pertama agan sekalian harus buka tuh software Open-mouthed smile 
-Kemudian pilih tab Vertex Processing Modes For............
-Kemudian pilih game yang akan dioptimalkan penggunaannya yaitu dengan klik dan pilih tombol Add Executable, misalkan yang dipilih adalah gameTomb Raider 5.
-Kemudian klik dan pilih tombol Change Vertex Processing Mode.
-Kemudian mainkan gamenya, bisa saja tetap ngelag tapi paling tidak lagnya berkurang, sekarang tinggal keputusan agan sekalian mau memilih software yang bikin laptop agan hank atau yang aman saja ^^
Download softwarenya dimari gan
NB: "Kalau diminta password masukkan saja makemewonder


tambahan dari viewer/visitor 

laptop ane acer aspire E1-471
vga intel hd graphics 3000
ram 4gb
bisa buat maen prototype 2setingan medium pada resolusi 800x600 tanpa lag

harus dowbload driver intel hd graphic 3000 dulu di situs intelnya (cuma suport procie i3 ke atas), selesai baru diresrat
trus dari desktop> klik kanan> display properties> trus seting semua ke performance

intel hd 3000 performanya setara dengan graphic card nvidia menegah, bisa lihat disini

http://www.jagatreview.com/2011/05/overclocking-intel-hd-graphics-3000-dengan-motherboard-msi-z68a-gd80-b3/
 photo DONE_zps11f97fd6fhfhfhf_zps076f7cd3.jpg
Ranking: 5

17 comments:

  1. sekedar tambahan om

    laptop ane acer aspire E1-471
    vga intel hd graphics 3000
    ram 4gb
    bisa buat maen prototype 2setingan medium pada resolusi 800x600 tanpa lag

    harus dowbload driver intel hd graphic 3000 dulu di situs intelnya (cuma suport procie i3 ke atas), selesai baru diresrat
    trus dari desktop> klik kanan> display properties> trus seting semua ke performance

    intel hd 3000 performanya setara dengan graphic card nvidia menegah, bisa lihat disini

    http://www.jagatreview.com/2011/05/overclocking-intel-hd-graphics-3000-dengan-motherboard-msi-z68a-gd80-b3/

    ReplyDelete
  2. @Anonymous wah terimakasih banyak nih udah nambahin, nanti saya revisi di post ini, terimakasih ya gan :)

    ReplyDelete
  3. gan kok filenya di media fire kagak bisa di download / di block ya gan ?

    ReplyDelete
  4. gan widyan laptop anda vram nya berapa mb ?, kalo punya saya acer aspire 4755 sama jg intel HD 3000 tp kapasitas vramnya cuma 128 mb

    ReplyDelete
  5. kok link buat download Intel Display Adapter Management Toolnya mati?
    please aku minta donk

    ReplyDelete
  6. http://files.indowebster.com/download/files/intel_display_adapter_management_tool_2_0

    ReplyDelete
  7. Gan,kalau intel HD 4000 kuat gak buat main game berat medium??
    contoh: PES2013,PES2014,Need For Sped MW2012,Batllefield 3,Tomb raider 2012,Asassins creed IV:Black Flag,dan COD Gost.
    gua dengar" intel hd 4000 udah setara dngan Nvidia gitu,sori gan banyak nanya soalnya masih awam ni.

    ReplyDelete
  8. gan saya punya laptop lenovo G470
    kalau fifa 13 bisa ngx dimainkan
    win 7 ultimate 32 bit
    prosesor intel(R) core(TM) i3-2350M CPU @ 2.30 GHz 2.30 GHz
    RAM 4.00 GB
    intel HD graphics family
    chip :intel(R) HD graphics family
    DAC :Internal
    adapter string :intel(R) HD graphics 3000
    Bios Information :intel video Bios

    Total Available Graphics Memory :1316 Mb
    Decated video Memory : 64 Mb
    system video Memory : 0
    Shared system Memory : 1252

    and cara nambah vga nya gmna gan mhon pencerahannya.......?

    ReplyDelete
  9. wah menarik gan, mo titip komen
    leptop ane asus A42N
    prosesor AMD 2,3ghz, ram 1gb gua upgrade jadi 3 gb, video ATI Mobility Radeon HD 4200, Display: 14" WXGA LED, Max. Resolution 1366 x 768, ColorShine LED

    ane buat maen pes 2013 lancar gan
    tapi buat maen game point blank online gambarnya patah gan,
    tapi cuman dikit kalo diliat dari jauh gak keliatan tuh patahnya,
    kalo diliat dengan benar patah patahnya keliatan.

    susahnya game online gambar ngadat dikit aja kalah deh tuh ketembak........

    trus gua otak-atik vga drivernya yang semula ATI Mobility Radeon HD 4200 gua ganti ATI Mobility HD 2400 kok malah gak patah-patah,..

    yang saya mo tanyain kok bisa gitu ya gan padahal drivernya lebih rendah, mohon pencerahannya.....?

    ReplyDelete
  10. Gan klo driver intel hd gratis buat vga intel hd family bisa apa kaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh salah ketik gan sorry driver intel hd grafis 3000 buat vga intel hd family bisa apa kaga

      Delete
  11. Gan gua punya notebook
    Cpu:intel caleron 1.10ghz
    Vga:intel hd family
    Ram:4gb

    Bisa buat main game naruto ninja storm revolution, pes 2013 apa kga gan

    ReplyDelete

 
© WIDYAN IRWADI All Rights Reserved